Siswa MAN I (Model) Melaksanakan Praktek Pupuk Kompos

LUBUKLINGGAU-radardaerah-Siswa MAN 1 (Model) Lubuklinggau laksanakan praktik membuat pupuk kompos di pekarangan MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Pupuk yang terbuat dari berbagai macam bahan organik diantaranya sayur mayur yang telah busuk, serbuk kayu, dedak, kotoran hewan, jerami dan lain-lain.

“Pupuk organik memiliki keunggulan tersendiri, selain lebih mudah di dapat pupuk organik juga ramah lingkungan dan bebas bahan kimia”, Ujar Eva selaku guru biologi MAN 1 saat menjelaskan cara pengomposan pada siswa-siswi.

Pengomposan ini di praktekkan oleh seluruh siswa kelas sebelas MAN 1 (Model) Lubuklinggau Dimulai dengan mencampurkan semua bahan yang dibawa dan diberikan larutan efektif organisme (EM4) dan gula hingga rata dan hancur lalu dimasukkan kedalam bak penampungan sampah organik. Selanjutnya siswa-siswi harus memantau setiap dua hari sekali sampai pupuk kompos siap digunakan.

Pupuk kompos yang telah jadi akan dipasarkan dan bagi yang ingin membeli dapat dibeli secara langsung ke MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Selain di pasarkan, pupuk kompos juga dapat digunakan sendiri oleh masyarakat MAN 1 (Model) Lubuklinggau.

“Kegiatan pengomposan ini sangat bermanfaat bagi kami, melalui kegiatan ini kami jadi mengetahui cara membuat pupuk organik, setidaknya kami tidak lagi membeli pupuk untuk tanaman di rumah”, ujar Sarah siswi MAN 1 (Model) Lubuklinggau(*)