Paripurna DPRD Memperingati HUT Ke-11 Kab. Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan

MURATARA-radardaerah-Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muratara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muratata Ke-11 Tahun 2024 yang digelar di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Muratara Selasa (26/04/2024).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muratara Efriansyah S.Sos didampingi Bupati Muratara H.Devi Suhartoni Wakil Bupati Muratara H.Inayatullah Wakil Ketua DPRD l, Waka ll, Sekda Kabupaten Muratara, serta para Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, Forkopimda Muratara, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala OPD Pemkab Musi Rawas serta Camat.

Ketua DPRD Muratara Efriansyah juga menambahkan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat merupakan kunci utama dalam memajukan daerah. “Kita harus terus berinovasi dan bekerja sama untuk mencapai visi Kabupaten Muratara yang lebih baik, unggul, maju, dan sejahtera,” katanya dalam pidatonya.

Diujung arahanya Ketua DPRD Muratara menyinggung Pilkada serentak yang di laksanakan pada tanggal 27 Oktober 2024 dengan harapan agar pemilu damai dan tidak ada

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti makan bersama, Foto bersama, dan hiburan. Pemerintah Kabupaten Muratara sangat berterimakasih kepada pemerintah dan orang orang yang ikut andil dalam membangun kabupaten kaur sehingga kabupaten Muratara sekarang menjadi lebih maju.

Peringatan HUT Kabupaten Muratara ke 11 ini dihadiri Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi,SH. M.S.E diwakili oleh staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik Daerah Provinsi Sumsel Panji Cahyanto , Para Walikota / Bupati seSumsel yang berkesempatan hadir, Kepala OPD Prov. Sumsel, Ketua/Wakil DPRD Kota/Kabupaten di Sumsel yang hadir.

Dalam sambutannya Bupati Muratara H.Devi Suhartoni menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Muratara. “Perayaan ini bukan hanya sebagai bentuk peringatan, tetapi juga momentum untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Muratara menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Muratara dan seluruh pihak yang terkait atas terselenggara acara ini. Bupati juga mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang berkesempatan hadir di Kabupaten Muratara

Bupati Muratara menjelaskan Visi Misi dalam membangun Kabupaten Muratara untuk mewujudkan Muratara Berhidayah. Ada empat upaya besar yang dilakukan yaitu, mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis teknologi informasi. Membangun sumberdaya manusia yang berkualitas. Pemerataan infrastruktur berwawasan lingkungan. Dan memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

Untuk mendukung visi dan melaksanakan misi tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Muratara merumuskan program unggulan yang telah dan sedang dilaksanakan yaitu, Pembangunan Insfratruktur jalan yang hampir rampung 100%. Fasilitas Seragam sekolah gratis. Kesehatan gratis.

Saya informasikan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun ini, seluruh program tersebut telah saya laksanakan, sehingga program yang merupakan janji politik kami bersama Wakil Bupati Muratara H.Inayatullah, telah skami penuhi dan saya realisasikan”, Kata Bupati Muratara.

Selama kepemimpinan Bupati Muratara sudah banyak keberhasilan dan prestasi yang telah diraih, diantaranya Kabupaten Muratara memperoleh penghargaan dari Kementerian Kesehatan kategori Pemenuhan tenaga kesehatan terbaik.

Penghargaan Opini WTP tujuh kali berturut-turut atas laporan keuangan pemerintah daerah dari BPK dan InsyaAllah tahun 2024 juga akan mendapatkan Opini WTP.

Jika dilihat dari Indikator Makro Pembangunan Daerah sejak tahun 2021-2023 beberapa indikator menunjukkan Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Muratara sebesar 2,30 persen meningkat sangat signifikan menjadi 4,34 persen pada tahun 2023.

Pembangunan Insfratruktur jalan yang merata mencapai 183,55 Kilometer, 19 Unit Jembatan Permanen , 660 Unit Rumah Layak huni, 31 titik sarana Air Bersih, semua di bangun untuk masyarakat Kabupaten Muratara.

Pada HUT Muratara ke 11 mengusung Tema Citra Muratara Berhidayah yang damai dan Riang Gembira mengandung makna filosofis untuk selalu mengobarkan semangat keberlanjutan pembangunan yang terus dilakukan dan tidak akan pernah berhenti serta melibatkan setiap elemen masyarakat Muratara.

Bantuan sipat khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dari Tahun 2020 sebesar 21 Milyar, di tahun 2021 sebesar 55 Milyar, Tahun 2022 sebesar 94 Milyar dan di tahun 2023 sebesar 103 Milyar ini di bantu pada masa pimpinan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H.Herman Deru, tentu di sampaikan ke pada PJ Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dengan harapan di tahun 2024 lebih besar lagi. Paparnya.rda.03)